KHASIAT DAUN KELOR | MANFAAT UTAMA DAUN KELOR UNTUK KESEHATAN - Khasiat Dan Manfaat
Berita Terbaru

KHASIAT DAUN KELOR | MANFAAT UTAMA DAUN KELOR UNTUK KESEHATAN

Pernahkah Anda melihat daun kelor? Anda yang tinggal di tengah kota metropolitan mungkin agak asing dengan daun yang satu ini. Anda mungkin tidak asing dengan namanya, karena daun kelor untuk gaib juga ada manfaatnya, yaitu untuk pengusir kolor ijo atau juga untuk penghilang susuk ataupun sejenis ilmu santet lainnya. Untuk Anda yang belum pernah melihat daun kelor ini, ada sedikit gambaran untuk Anda. daun kelor berbentuk bulat oval kecil-kecil dengan warna hijau pucat. Pohonya memiliki tinggi sekitar 3 sampai dengan 10 meter. Khasiat daun kelor untuk kesehatan ternyata sangat banyak. Berikut akan dijelaskan beberapa manfaat dari daun kelor.

KHASIAT DAN MANFAAT DAUN KELOR UNTUK KESEHATAN

Lima Khasiat Daun Kelor untuk Kesehatan 

Di Indonesia, cara mengkonsumsi daun kelor seringkali diolah menjadi sayuran yang cukup lezat. Tak hanya daunnya, bunganya juga bisa diolah menjadi sayur yang sangat nikmat. Daun kelor pada masyarakat jawa sering diolah menjadi sayur bening. Sementara buahnya sering dimasak sebagai sayur asem. Berikut akan dijelaskan lima diantaranya.

1. Menurunkan Berat Badan

Berbagai cara dilakukan untuk bisa menurunkan berat badan. Untuk hal yang satu ini, ternyata daun kelor juga bisa dimanfaatkan. Khasiat air rebusan daun kelor ini sangat banyak. Teh daun kelor dapat dikonsumsi untuk usaha menurunkan berat badan. Sebuah study menunjukkan bahwa teh kelor sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan sehingga dapat merangsang metabolisme tubuh yang optimal. Metabolisme tubuh yang baik dapat menurunkan berat badan secara berkala.

2. Mengurangi Asam Urat

Penyakit asam urat sering mengintai saat usia sudah semakin senja. Daun kelor untuk asam urat sudah terkenal sejak dulu. Kandungan nutrisi pada daun kelor sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengobati asam urat. Khasiat daun kelor untuk kesehatan, khususnya untuk asam urat sudah dipercaya sejak dulu.

3. Mencegah Resiko Kanker

Daun kelor, biji, dan akarnya ternyata dimanfaatkan juga sebagai zat anti kanker. Kombinasi daun, biji, dan akar kelor ini telah dijadikan bahan untuk obat herbal alami dalam pengobatan dan pencegahan kanker. Anda bisa mendapatkannya di toko obat tradisional. Para pengidap kanker wajib mencoba obat tradisional yang dibuat dari daun kelor ini. Khasiat daun kelor untuk kesehatan ini sudah teruji.

4. Antidiabetes

Khasiat daun kelor untuk kesehatan juga dimanfaatkan sebagai antidiabetes. Dalam daun kelor terdapat mineral yang tinggi untuk merangsang produksi insulin. Peneliti dari Universty of Wiconsin LaCrosse menyebutkan bahwa daun kelor ini telah terbukti secara klinis sebagai tanaman alami antidiabetes yang sangat disarankan untuk pengobatan diabetes atau pencegahan diabetes.

5. Bantuan Pengobatan Arthritis

Daun kelor ternyata sangat bermanfaat juga untuk mengatasi peradangan dan juga rasa sakit dari beberapa bentuk arthritis. Manfaat ini sudah dibuktikan pada sebuah studi yang termuat dalam Journal of Cinese Integrative Medicine yang dimuat pada Februari 2011. Dari tulisan tersebut ditemukan bahwa ekstrak daun kelor dapat mengurangi kepekaan rangsangan yang menyakitkan pada sendi reumatik.

Manfaat daun kelor seperti yang dijelaskan di atas ternyata sangat banyak. Khasiat daun kelor untuk kesehatan yang banyak ini membuat daun kelor dijadikan sebagai bahan utama pembuatan obat trasional. Ada hal yang perlu diperhatikan terkait cara meramu daun kelor. Untuk konsumsi pribadi, baik sebagai sayuran maupun obat tradisional, daun dan buah bisa diolah dengan cara yang sederhana. Hindari bagian akar kelor karena bagian ini harus diolah dengan teknik tertentu. Jika cara mengolah tidak tepat, akar malah akan sangat berbahaya dan bisa menjadi racun untuk tubuh.

Baca juga artikel tentang Berbagai Macam Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan

0 Response to "KHASIAT DAUN KELOR | MANFAAT UTAMA DAUN KELOR UNTUK KESEHATAN "

Note: Only a member of this blog may post a comment.