BERBAGAI MACAM MANFAAT DAUN BINAHONG UNTUK KESEHATAN - Khasiat Dan Manfaat
Berita Terbaru

BERBAGAI MACAM MANFAAT DAUN BINAHONG UNTUK KESEHATAN

Di Indonesia pamor daun binahong mungkin masih kalah jika dibandingkan dengan daun sirih maupun daun mahkota dewa. Daun ini mulai terdengar kegunaannya setelah banyak penjual obat china yang menggunakan daun binahong untuk mengobati berbagai penyakit. Di Indonesia sebenarnya daun binahong lebih dikenal dengan nama daun gondola. Sedangkan nama latinnya sering disebut dengan nama Bassela Rubra Linn. Jika diolah dengan benar, sebenarnya ada beberapa manfaat daun binahong untuk kesehatan. Bagi yang mengetahui hal tersebut pasti tidak ragu untuk mengembangbiakkannya. Terlebih lagi daun ini bisa dibilang cocok untuk segala daerah, baik dataran tinggi maupun rendah. Untuk mengetahui informasi selengkapnya bisa Anda simak ulasan dibawah ini.

MANFAAT DAUN BINAHONG UNTUK KESEHATAN

Daun Binahong Bisa Mengobati Berbagai Penyakit

Masyarakat di Indonesia tampaknya belum banyak yang tahu beragam khasiat yang terkandung dalam tanaman jenis rambat ini. Jika Anda penasaran mengenai apa manfaat daun binahong untuk menjaga kesehatan Anda berikut ini adalah daftarnya.

1. Menurunkan Kadar Kolestrol dalam Tubuh

Konsumsi kolesterol yang berlebihan sering kali membahayakan tubuh manusia. Apa lagi jika kolesterol ini sudah menumpuk dan menggangu aliran darah. Hal itu tentu akan sangat berbahaya bagi kesehatan jantung dan organ-organ tubuh yang lainnya. Berbagai obat sebenarnya sudah dijual di apotek untuk mengurangi kadar kolesterol. Namun, tentu saja obat-obat tersebut mengandung beragam bahan kimia yang akan membahayakan jika terlalu banyak dikonsumsi. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba berbagai obat alami dan salah satunya adalah daun binahong. Berbagai info manfaat daun binahong dan cara pengolahannya bisa Anda temukan di internet maupun buku.

MANFAAT DAUN BINAHONG UNTUK KESEHATAN

2. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat daun binahong untuk kesehatan pencernaan tampaknya sudah mulai diketahui banyak orang. Terbukti bahwa beberapa penderita gangguan pencernaan seperti maag dan tingkat asam lambung tinggi mulai mengkonsumsi air rebusan daun binahong ini untuk meredakan penyakitnya.

Khasiat daun binahong untuk asam lambung bisa diperoleh dengan cara mengkonsumsi air yang direbus dengan daun binahong. Selama kurang lebih 10 lembar daun binahong di didihkan dan diminum selagi hangat. Dengan meminumnya secara rutin tiap hari, pelan-pelan akan menurunkan tingkat asam lambung dalam tubuh Anda.

Baca juga artikel tentang Manfaat Daun Binahong Untuk Asam Lambung

3. Melancarkan Haid Pada Wanita

Manfaat daun binahong untuk kesehatan yang selanjutnya adalah membantu melancarkan haid pada wanita. Selain itu, mengkonsumsi daun binahong ini juga dipercaya mampu untuk mengurangi rasa nyeri pada saat datang bulan.

4. Untuk Menyembuhkan Sariawan

Selain untuk menyembuhkan berbagai penyakit pada organ dalam, daun binahong juga berguna untuk menyembuhkan penyakit luar seperti sariawan. Berbeda jika digunakan pada penyakit dalam, cara mengolah binahong untuk obat sariawan adalah dengan cara diremas. Remasan daun binahong tadi kemudian ditempelkan pada bagian mulut yang terkena sariawan. Tunggu selama kurang lebih 30 menit, jika rasa pahitnya sudah hilang segera keluarkan daun binahong dari mulut Anda.

5. Menyembuhkan Bekas Luka

Selain sariawan, manfaat daun binahong untuk kesehatan tubuh bagian luar selanjutnya adalah mampu mengobati luka. Contohnya saja luka akibat benda tajam hingga luka dari bekas operasi. Cara penggunaanya sama dengan untuk mengobati sariawan yakni dengan cara diremas dan dioleskan pada luka Anda.

Manfaat daun binahong untuk kesehatan memang cukup banyak. Namun bukan berrti jika mengkonsumsi daun binahong secara berlebihan tidak akan membahayakan tubuh. Salah satu efek samping daun binahong yang paling berbahaya adalah meningkatkan detak jantung. Untuk lebih jelasnya Anda bisa mengonsultasikan hal ini pada dokter atau ahli pengobatan herbal.

0 Response to "BERBAGAI MACAM MANFAAT DAUN BINAHONG UNTUK KESEHATAN"

Note: Only a member of this blog may post a comment.